SiS VGA on Ubuntu 9.4 Jaunty

Posted on Updated on

Setelah sekian lama mencari solusi agar notebook saya bisa terinstall linux.. Bermacam distro telah dicoba ( FEDORA, MANDRIVA, SUSE, Dll ) semua release terbaru dari distro teresbut saya coba… tapi Al-hasilnya gagal juga. semua permasalahan sama yaitu dengan VGA dan Wirelessnya.. Alhamdulllah pada ini jum’at 11 sep 09 Ubuntu 9.4 bersarang di notebook saya… Bahagia sekali rasanya akhirnya saya bisa BERCINTA dengan Salah satu distro linux hehehehe…

Dari dulu saya ingin sekali migrasi ke linux, tapi karena permasalahan yang tadi saya sebutkan diatas saya terpaksa urungkan niat untuk migrasi ke linux. sampai akhirnya saya temukan driver Sis vga untuk notebook saya.. dan menggantikan wireless card saya yang chipsetnya VIA ke realtek.. Alhamdulillah sekali semua berjalan dengan lancar dan akhirnya saya bisa menggunakan ubuntu di notebook saya..

“Banyak jalan menuju Roma…” hehehehe… teman-teman semua.. disini juga saya akan jelaskan hal apa saja yang saya lakukan sehingga saya berhasil melakukan instalasi ubuntu di notebook saya.. hehehehe..

Pertama : syeeeee… hahahaha.. sebelumnya saya telah menginstall suse 11 di notebook saya, tapi masih saja tidak maksimal permasalahannya juga sama yaitu dengan VGA dan Wireless.. kemudian saya coba buka notebook dan menggantikan wireless card nya dengan yang lain (realtek). coba install ubuntu.. setelah instalasi selesai wireless nya pun berjalan dengan baik. tapi tetap saja VGA nya bermasalah dan berjalan dengan resolusi 800 X 600 sangat menjengkelkan sekali.. tapi tidak masalah saya tetap coba menjalankan mesin linux saya dan berselanjar bersama paman google… setalah tanya sana-sini.. akhirnya saya berhasil mendapatkan driver VGA nya. (bisa di download disini http://ncc-1701a.homelinux.net/~linux-sis/downloads/xorg-driver-sis671_0.9_i386.deb ). setelah file tersebut saya dapatkan, sayapun menginstallnya di mesin linux saya.. tapi hasilnya juga belum maksimal… masih tetap berjalan dengan resolusi 800 X 600. huuufffff…. kecewa…. eeettzzzz.. jangan menyerah dulu…masih banyak jalan menuju roma..hehehehe.. kemudian saya coba edit file xorg.conf yang berada di #etc/X11/xorg.conf. dengan cara sebagai berikut :

1. buka terminal, kemudian ketikkan

$sudo gedit /etc/X11/xorg.conf

2. Tambahkan di baris bagian paling bawah  :
Section “Screen”
Identifier “Default Screen”
Monitor “Configured Monitor”
Device “Configured Video Device”
DefaultDepth 24
Modes “1200×800″ “1024×768” “800×600” “640×480″
EndSection

3. Simpan
4. restart

Setelah notebook restart dan booting kembali… saya kaget karena ada pesan kira-kira yg artinya seperti ini ” system anda berjalan dengan resolusi yang sangat rendah ” waaaaaaaa kacau ini… kecewapun mulai timbul.. akhirnya saya terpaksa menjalankan mesin linux saya dengan Taxt Mode.. waduuuu berhadapan dengan layar hitam lagi..capek deh.. hehehehe.. setelah login saya bermaksud merubah file yang tadi saya edit.. tapi sayang mesin linux saya tidak mengizinkan saya merubah file tersebut.. huuuuff capek deh… kemudian saya coba restart kembali mesin linux saya.. setelah booting kembali saya dihadapkan dengan pilihan restore default resolusi.. saya coba restore.. kemudian restart.. tereeenggggggg… Alhamdulilah sekali dengan senangnya saya melihat mesin linux saya berjalan sempurna dengan resolusi 1280 X 800…

Akhirnya saya bisa bercinta dengan ubuntu… Thanks Paman Google

3 thoughts on “SiS VGA on Ubuntu 9.4 Jaunty

    Agus Suhanto said:
    September 11, 2009 at 9:24 am

    thanks e atas postingnya yg bagus…
    kenalkan sy Agus Suhanto

    JAMIAN said:
    October 16, 2009 at 7:58 am

    Anda bingung install vga di ubuntu..????
    Bagi anda yang masih bingung install vga di ubuntu, cara yang paling gampang adalah menggunakan EnvyNG.

    memet said:
    November 6, 2009 at 6:59 pm

    okheeeee . . . .
    tutorial jaringan juga di piblish yaaaa . . . . .
    pngen jga bercinta mlalui jaringan,
    short time or long time sami maoooon maaaas . . . . .

    heheheheeeee . . . . . .

Leave a Reply

