HANDPHONE TELETUBIES GW BISA INTERNETAN..

Posted on Updated on

Berawal dari ketergantungan menggunakan fasilitas internet..berbagai carapun kutempuh untuk mendapatkan layanan itu… baek itu online diwarnet, online dimana ada fasilitas hospot free (gw sering ke UNSYIAH or IAN Ar-raniry yang kebetulan dekat rumah gw dengan mengkantongi PDA or notebook gw..hehehe ), online menggunakan Im3 dengan modal pinjem hanphone GSM adek gw dirumah untuk dijadikan modem ( kadang sering ribut coz mereka terganggu..hehehe loh kok pinjem Handphone adex yach kan udah punya PDA ??? itu dia… gw ga mau gonta-ganti kartu di PDA gw coz ribet.. hrs backup segala, jadi pinjem punya adx gw ajach..hahaha) Kegilaan itu berawal ketika dulunya gw makan,minum,tidur di NOC (Network Operation Centre) tepatnya di Kutacane aceh tenggara untuk menjaga dan monitoring.. nah disanalah kegilaan gw dengan yg namanya internet kambuh maklum aja lah bisa online 24 jam bahkan kadang2 nootebook gw sampe 1 minggu ga ada matinya.. hahaha.. karena ketagihan akhirnya handphone TELETUBIES gw pun jadi sasaran… dulu ga pernah terpikirkan kalo hanphone TELETUBIES NOKIA 2280 itu bisa dijadikan modem, biasanya juga gw gunakan hanphone khusus buat telp local saja. suatu kebetulanpun terjadi… Tetangga Gw beli majalah handphone trus sore itu pas gw pulang kerja mereka lagi duduk depan rumah bareng adex gw juga, mereka lagi lihat-lihat hanphone keluaran terbaru saat ini yang kebanyakan product china, trus gw pinjem majalah tersebut disitu gw lihat gambar hanphone TELETUBIES mirip hanphone gw katanya handphone tersebut bisa dijadkan modem.. mmmm… gumam gw dalam hati bisa nech… trus berhubung kecapean dan belum sholat ashar gw pun bergegas masuk rumah mandi dan sholat ashar… trus keesokan harinya (hari tulisan ini gw tulis) gw bawa hanphone TELETUBIES gw ke tempat kerja.. rencana mau experiment hehehe…. Pikir gw kalo ditempat kerja enak kan punya fasilitas internet jadi kalo ada kendala tiggal Tanya paman google aja… setiba di tempat kerja sepertia bisa memulai aktivitas dan tak lupa pula menghidupkan notebook kesayanga gw.. trus gw sambungkan handphone TELETUBIES gw ke notebook pake cable DKU-5.. trus setting modem seperti biasanya.. etzzzz jangan takut ntar gw jelasain tahap2 setting modemnya… setelah modem terinstall dengan baik, kemudian dengan perasaan yang ga sabar dan penasaran gw coba test koneksinya… mmm…tahap identifikasi hardware berhasil sampe ferifikasi username dan password dan register on the network, eee tiba-tiba error.. nah dimanakah letak kesalahannya ??? so pasti modem sudah berjalan dengan baik buktinya sudah sampe ketahap register on the network dan ferifikasi user name dan password. Wahhh kartunya ini pasti…kenpa yach..??? padahal kartunya sudah teregistrasi dan bisa pake buat nelpon. kemuadian gw coba hub 111 dari handphone gw.. eeee banyak kali perintah press ini press itu.. akhir gw matikan. Huuuufffff.. misi belum berhasil nech.. trus gw ingat kalo gw punya temen di indosat gw telp aja dia.. trus gw cerita ternyata kartunya harus diaktifkan dulu… mmm untung gw punya temen diindosat jadi proses registrasi nya ga butuh waktu lama yang biasanya butuh waktu 2×24 jam untuk registrasi via sms dengan perintah “REG TIME” kirim ke 799 jika kita ingin mengaktifkan time base nya dengan tarif Rp.75/menit. Dan “REG VOL” jika ingin mengaktifkan volume base dengan tariff Rp.1/Kb. Setelah registrasi selesai dilakukan.. gw coba kembali Alhamdulillah berhasil… hehehe…. Horeeeee Berhasil…

mmmm…. Dari tadi cerita terus yach… sorry dech kebanyakan ngecapnya.. hehehe.. baik lah berikut ini gw akan coba jelaskan tahap2 instalasi modemnya.. tapi terlebih dahulu Anda harus memiliki kabel data DKU-5. Ok kita mulai yach..hehehe instalasi modem ini bisa digunakan utuk nokia TELETUBIES seperti handphone gw dan nokia 2115i/2116. Ok kita mulai…

  1. Hubungkan kabel data DKU-5 pada port USB PC or notebook anda
  2. Saat ada pesan “found new hardware” dan ditanyakan drivernya, pilih detect automatically (CD DKU-5 harus berada di CD ROM)
  3. Kabel DKU-5 telah terinstall di PC Anda

Setelah Driver tersebut terinstall kemuadian kita install driver modemnya
Download file Modem Driver untuk nokia cdma (nmpCDMA2000_1x.inf). driver ini juga bisa digunakan pada handphone nokia 2115i/2116

  1. Pilih Program > Control Panel > Phone and Modem Options
  2. Untuk instalasi modem yang pertama kali akan muncul window Location Information (isi data2 yang diminta sesuai lokasi anda, cukup isi Area code gw menggunakan kode area Banda Aceh 0651) kemudian click OK
  3. Pilih tab Modems, klik Add…
  4. Check “Dont’ detect my modem;…”
  5. Pilih “Have Disk…”
  6. Saat ditanyakan, cari lokasi dimana Anda menyimpan file nmpCDMA2000_1x.inf yang telah Anda download, klik OK
  7. Pilih “Nokia CDMA2000 1x 3G Packet Data Modem”
  8. Pilih Port yang sesuai dengan port usb DKU-5 anda (jangan pilih all ports)
  9. Modem Nokia telah terinstall di PC Anda
  10. Buat Koneksi Internet baru dengan memilih Nokia 3G packet data sebagai modem

Cara Membuat Koneksi Internet Baru

  1. Pilih Program > All Programs > Accessories > Communications > Network Connections
  2. Pilih File > New Connections
  3. Klik Next, pilih “Connect to the Internet”
  4. Pilih “Set up My Connection manually”
  5. Pilih “Connect using a dial-up modem”
  6. Pilih 3G modem yang telah terinstall tadi
  7. Masukkan nama provider CDMA (disini gw menggunakan starone)
  8. Masukkan #777 sebagai nomor dial up ISP
  9. Pilih Anyone’s use… untuk koneksi ini
  10. Starone > username: starone password: indosat,
    Flexi > username: telkomnet@flexi password: telkom
  11. Check “Add Shortcut”, klik “Finish”

mmmm…… ga ribet kan..??? hehehe met mencoba yach….

Sumber : dari berbagi sumber

Leave a Reply

