Instalasi Paket RPM dan Tar atau TGZ (tar.gz)

Posted on

Bagaimana Menginstal Sofware/Aplikasi

Satu hal yang agak sulit digunakan di lingkungan Linux adalah menginstall Aplikasi Baru. Di dalam dunia Windows, setiap program/aplikasi datang dengan sebuah kemudahan instalasi hanya dengan menjalankan Setup.exe, yang mana pada proses selanjutnya, proses di ambil alih sepenuhnya oleh aplikasi tersebut dan Pengguna hanya akan diminta memberikan jawaban atas pertanyaan yang di berikan aplikasi dalam hal penangan lingkungan file system user.dan cukup dengan menekan tombol next, next sampai finish.. Di Linux, beberapa aplikasi/software hampir banyak pula memberikan kemudahan untuk instalasi, bahkan tidak jarang ada beberapa aplikasi yang agak rumit dan pelit dalam proses pengerjaannya (instal red.-).
Di dalam linux ada berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan proses instal-menginstal aplikasi diantaranya sebagai berikut :

RPM

RPM adalah singkatan dari Red Hat Package Manager. Tidak semua perusahaan distribusi Linux mendukung format ini, tetapi ini merupakan aplikasi yang mudah yang sangat baik untuk orang-orang seperti saya, maksudnya untuk yang masih pemula (newbie red.-). Format ini di buat oleh perusahaan RedHat yaitu salah satu Perusahaan Distribusi Linux, dan sudah pasti ente-ente dapat menemukanyya jika anda punya Distribusi Linux ini (Redhat). Format ini juga didukung sama si S.u.S.E dan Caldera, mereka ini salah satu dari beberapa perusahaan Distribusi linux lho…

Aplikasi-aplikasi yang ada di bundel dalam format ini (rpm), dan dapat di di instal menggunakan aplikasi yang namanya “rpm” ini, anda bisa mendapatkannya di Internet.

Sebagai contoh misalnya teman-teman ingin menginstal sebuah aplikasi yang berformat rpm kita bisa menggunakan utility atau aplikasi “rpm” ini untuk menginstalnya. Enaknya utility rpm ini kita juga bisa meng-uninstall aplikasi yang telah terinstall. tapi ingat lho….. hanya aplikasi yang berformat atau berextension “rpm”

Biasanya kalo anda menginstall atau menguninstall suatu aplikasi syaratnya harus menjadi Super User tuch….!

Penggunaanya sederhana aja kok . misalnya untuk menginstal sebuah paket aplikasi sintaksnya seperti ini nich…
(eit…..ingat Linux itu lho…case sensitive lho…jad diperhatikan huruf besar kecilnya yach…

[root]# rpm -i

jika ingin mengupgrade aplikasi yang telah lama…sintaksnya seperti yang ini…

[root]# rpm -U

kalo ingin menguninstall pake sintas di bawah ini…

[root]# rpm -e

TAR or TGZ (TAR.GZ)

Ada juga yang dalam format “tar”. Hampir semua distribusi Linux dapat membaca format ini, Sebuah aplikasi yang berformat “tar” biasanya adalah aplikasi yang di kompress/di mapatkan. dan kita hanya perlu memekarkan aplikasi tersebut.

Sintaksnya umumnya seperti ini :

[andi]$ tar -xzvf .tar.gz

dimana parameter x adalah untuk memekarkan file, z untuk menyaring file hasil compresian dari format gzip , v untuk mode pemberitahuan sehingga user dapat mengetahui proses yang terjadi,sementara , f adalah ada namafile yang harus diikuti

cara lain adalah dengan mengkompile program mentah……

Kompile Program Mentah (Source Code)

Biasanya kita juga ingin menginstall aplikasi dengan cara mengkompile source code yang kita dapat dari sumbernya, dan kadang atau selalu juga disertakan pentunjuk di dalamnya biasanya ada pada file README atau INSTALL, kita bisa merujuk ke file tersebut. Di dalam petunjuk tersebut ada disebutkan bagaimana cara mengkompile ataupun menginstal suatu aplikasi.

Biasanya stepnya itu seperti ini : (sebaiknya jadikan rujukan dari file README/INSTALL seperti tersebut diatas)

[root]# ./configure

kenapa pake tanda “titik strep (dot slash)” dan di ikuti “configure”, ini karena ada script yang namanya configure pada direktory aktif dimana source code itu ditempatkan, yang di tandai dengan tanda titik ( ” . “),
atau lakukan perintah dibawah ini misalnya source code itu ada di direktory /home/andi/

[root ]# /home/andi/configure

lalu biasanya dilanjutkan dengan

[root]# make

ini memperlihatkan utility make untuk menjalankan proses Makefile dan mengkompile sebuah program untuk kita.

lalu dapat dilanjutkan dengan ….

[root]# make install

Yang mana akan menjalankan utiliti make lagi, yang digunakan untuk mengkopi dan mengkompile file ynag di butuhkan untuk menjalankan programnya.

Segitu dech….caranya untuk menginstal aplikasi….,
rujukan sebaiknya ke

# man rpm

# man tar

Sumber :

http://zaki-math.web.ugm.ac.id/
Henry White, Basic Linux Training 1997

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s